Desain dan Denah Rumah Interior dan Exterior : Taman Kolam Pagar Kanopi Garasi Dapur Kandang Kamar Tidur Kamar Mandi Ruang Tamu Ruang Keluarga, dan Daftar Jasa Desain Rumah Interior Exterior Terpercaya Dengan Alamat dan Nomer Telepon

Buka Kafe mu, Lejitkan Omzetmu Dengan Tips Penting Ini!

Pernah dengar seseorang sukses dengan hanya jualan buah-buahan dipinggir jalan?
Atau pernah melihat orang jualan gorengan sampai puluhan tahun tapi tetap exist?

Pada dasarnya mereka tidak mau berpikir kritis sebelum memulai. Selagi usaha itu memiliki potensi dan mampu mendapatkan keuntungan, maka mereka akan mengambil peluang itu tanpa pikir panjang. Padahal kita tahu bahwa usaha kecil seperti itu tidaklah membutuhkan modal yang terlalu tinggi.

Cuma yang jadi pertanyaan..,

  • Sejauh mana kekuatan mental kita untuk menjalankannya nanti?
  • Sejauh mana kesabaran kita bisa diuji?
  • Dan sejauh mana keseriusan anda dalam menekuni bisnis tersebut.

Tentunya anda pernah memikirkan untuk membuka sebuah usaha, namun anda mengurungkannya karena usaha itu dirasa kurang kece, ndeso, dan tidak “kekinian“. Berpikir lagi untuk membuka usaha baru, namun anda mengurungkannya lagi karena usaha tersebut membutuhkan modal yang terlalu tinggi. Lalu untuk ketiga kalinya, keempat kalinya, kelima kalinya, dan seterusnya anda terus berpikir untuk memulai sebuah usaha namun usaha tersebut selalu diurungkan karena 1001 alasan hingga waktu anda terbuang sia-sia hanya untuk memikirkan “SATU” usaha bisnis yang jika anda realisasikan segera maka bisa tercipta ide bisnis lain yang tidak terduga sebelumnya.

Gambar Wujudkan-Ide-Bisnismu-Menjadi-Nyata
Gambar kartun diambil dari free picture di internet dan di edit sedikit oleh saya Ruswandi dengan penambahan teks untuk memperkuat illustrasi

Membutuhkan perencanaan yang cukup matang untuk membuka sebuah bisnis berskala besar. Untuk orang yang sudah berpengalaman mungkin akan terasa mudah untuk menyiapkan semuanya seperti pengelolaan modal, pemilihan karyawan, hingga ke pengembangan agar bisnis tersebut bisa berjalan dengan baik terutama di awal pembentukan karena itu yang menentukan bisnis tersebut bisa berjangka panjang atau tidak.

Contoh saja jualan Roti atau kue…

Membutuhkan tehnik pemasaran yang menurut saya cukup berat diawal karena cita rasa menentukan segalanya. Ya, rasa yang berbeda dari roti atau kue tersebut akan membekas di lidah para konsumen apalagi dikemas dalam kemasan yang unik dan menarik.

Bisnis jualan roti atau kue memang terkesan sederhana dan banyak saingan. Tetapi jika roti dan kue kita sudah terkenal maka omzet penjualan lambat laun akan melejit, tinggal bagaimana kita bisa scaleup modal kita untuk melakukan promosi. Semakin gencar promosi tentunya akan semakin besar pula keuntungan yang didapat.

Penentuan target pasar yang cenderung signifikan untuk melakukan penjualan bisa dipilih semisal toko oleh-oleh, warung kelontong, atau ingin yang lebih keren maka bisa menarget kafe-kafe yang sudah terkenal agar produk roti atau kue bisa dipajang di tempat tersebut dan tentunya akan menaikan “kelas“nya.

Berkaitan dengan makanan dan minuman maka tak akan lepas dari tempat untuk menjajakannya. Beberapa akhir ini sering kita temui pembukaan sebuah restoran dan kafe di beberapa tempat di kota-kota besar di Indonesia. Apalagi kafe atau warkop, sudah tidak bisa terhitung lagi jumlahnya. Namun ketika kafe atau warkop tersebut cuman buka sebulan atau dua bulan dan akhirnya gulung tikar, siapa yang patut anda salahkan?

3 Hal Penting Memulai Usaha Kafe

Ada 3 hal penting yang harus anda perhatikan sebelum memulai usaha kafe. 3 hal tersebut akan menentukan bagaimana kafe anda bisa menjadi ramai atau tidak. Bukan tentang tempat, bukan pula tentang kualitas dari makanan dan minuman yang disajikan. Lalu apa 3 hal penting tersebut?

Gambar 3-Tips-Penting-Membuka-Usaha-Kafe
Gambar kartun diambil dari free picture dari beberapa sumber dan di edit dengan penambahan teks untuk memperkuat illustrasi

1. Pemilihan brand atau nama yang tepat.

Sebuah usaha pasti memerlukannya. Penggunaan nama yang baik, bukan untuk orang saja tetapi juga untuk nama sebuah usaha. Anda perlu memikirkan sebuah nama yang bagus guna menunjang keberhasilan kafe anda nantinya.

Contoh penggunaan nama yang baik

Nama saya Ruswandi. Dan saya mengenalkan kepada orang-orang dengan nama panggilan saya yaitu “ndik“. Nah jika saya mau membuka sebuah kafe, maka saya bisa mempertimbangkan nama tersebut sebagai branding. Mungkin bisa saya plesetkan menjadi “Ndek” yang berarti “di” (diambil dari bahasa jawa, karena saya orang jawa) dan menambahkan kata “Cafe” dibelakangnya menjadi “NdekCafe” yang berarti “Di Kafe“. Dan mungkin desain logo kafe saya tersebut akan seperti ini :

Gambar Ide-Logo-Sebuah-Kafe
Desain illustrasi logo oleh Ruswandi dengan gambar cangkir diambil dari free picture dari Google Image

2. Cara pengenalan brand atau nama kafe anda.

Hal ini sangatlah penting. Pengenalan sebuah kafe yang baru dibuka tidaklah mudah. Anda bisa mempertimbangkan seseorang yang sudah terkenal dalam dunia kuliner untuk menjadi rekan bisnis anda. Tugasnya cukup simple. Berikan dia kunjungan khusus ke kafe anda untuk mereview tempat, kenyamanan, desain ruangan, rasa dari makanan dan minuman yang disajikan, dsb. Jumlah “Followers” yang bejibun dari orang tersebut akan menarik perhatian sehingga nama kafe anda akan terkenal dengan cepat.

3. Berani menghadapi segala konsekuensi yang bakal terjadi

Sebuah usaha apapun harus diperhitungkan dari segala macam konsekuensi yang akan timbul nantinya. Konsekuensi bisa berupa KEBERHASILAN dan KERUGIAN hingga menimbulkan BANGKRUT dan harus DITUTUP. Mengapa keberhasilan termasuk dalam kategori konsekuensi tersebut?

Keberhasilan sebuah usaha harus dibarengi dengan peningkatan pelayanan dan produktivitas agar usaha bisa berjalan dengan lancar hingga graffik pemasukan atau penghasilan bisa terus naik. Hal tersebut bisa dilakukan dengan 5 macam cara yaitu :

Gambar 5-Hal-Penting-Untuk-Mengembangkan-Bisnis-Kafe
Gambar atau Ikon diambil dari Free Picture di internet dari beberapa sumber dan di edit sedemikian rupa oleh saya Ruswandi untuk memperkuat Illustrasi
  1. Penambahan karyawan
    Jika kafe sudah berjalan dan dikenal publik, maka anda pasti keteteran jika mengurusnya sendiri. Kalaupun ada 1 atau 2 karyawan itu tidaklah cukup jika pengunjung sudah menginjak ke angka ratusan perharinya. Pertimbangkanlah untuk menambah jumlah karyawan yang ada. Karyawan bisa anda tugaskan untuk bersih-bersih ruangan, menata barang-barang, dan menjaga ruangan dalam kafe agar selalu rapi dan enak dipandang.
  2. Peningkatan mutu
    Kafe yang baik harus mempunyai standar kualitas yang mumpuni bukan hanya dari segi makanan dan minuman yang disajikan melainkan dari segi ruangan dan cara penyajian. Ruangan sebuah kafe yang baik harus mempunyai desain tertentu agar pengunjung merasa nyaman. Cara penyajiannya pun juga harus diperhatikan, dengan begini pengunjung akan menilai kafe anda layak untuk didatangi kembali atau tidak.

    Gambar Tanda-SeruJangan pernah membeda-bedakan pengunjung hanya dari penampilan kaya atau miskin. Anggap semua sama dan jangan pernah bilang salah satu menu yang ada di kafe tersebut adalah mahal, ingat itu!, karena secara tidak langsung anda menghina pengunjung tersebut!

  3. Bimbingan
    Sudah melakukan kedua hal penting diatas tetapi kafe anda masih dalam kondisi labil? Anda perlu memberikan bimbingan kepada karyawan anda tentang cara promosi yang baik. Promosi bisa dilakukan dengan memberikan daftar menu atau dengan memberikan sample makanan atau minuman favourite didalam kafe tersebut secara gratis.
  4. Fasilitas
    Fasilitas yang memadai dalam ruang kafe akan menciptakan kenyamanan bagi pengunjung yang datang. Toilet misalnya, jika dalam kondisi bersih setiap saat pasti mereka akan beranggapan bahwa kafe tersebut sehat.
  5. Pertahanan
    Pertahanan bisa diartikan bahwa anda wajib untuk menjaga agar nama atau brand yang sudah dibangun susah payah tidak goyah dan tidak dianggap buruk hanya karena masalah sepele. Uruslah perijinan yang resmi, lengkapi surat-surat pendirian kafe anda dan kalau perlu uruslah sertifikasi “halal” bagi semua makanan yang dijual di kafe anda dan anda bisa sedikit lebih berani memasang label “Kafe Halal” di teras kafe anda.

    Gambar Tanda-Seru-dan-Tanya-Tentang-KafePernahkan anda melihat sebuah usaha makanan yang bangkrut hanya karena salah satu makanan kemasukan “binatang tidak dikenal” yang diposting oleh seorang konsumen? Nah, hal tersebut bisa menjadikan jawaban kenapa perlu adanya pertahanan yang baik dari sebuah brand.

Bagaimana cara memulai usaha kafe?

Sebenarnya untuk membuka sebuah usaha kafe tidaklah rumit. Yang anda butuhkan adalah keseriusan anda dalam mengelola kafe agar bisa bertahan lama dan tidak bangkrut. Beberapa hal yang perlu anda perhatikan untuk membuka kafe baru adalah :

Gambar 5-Cara-Mudah-Membuka-Kafe
Gambar atau Ikon diambil dari Free Picture di internet dari beberapa sumber dan di edit sedemikian rupa oleh saya Ruswandi untuk memperkuat Illustrasi

Kelima cara mudah memulai usaha kafe tersebut tentunya akan menjadi lebih komplit jika didukung dengan fasilitas yang memadai terutama pemilihan desain yang baik karena akan menunjang keberhasilan sebuah kafe.

Mengapa demikian?

Ketika orang datang pasti yang dilihat pertama kali adalah desain kafe tersebut. Desain kafe yang bersifat tradisional atau klasik sekarang ini banyak diminati ketimbang desain kafe modern. Hal ini sangatlah wajar karena desain tradisional bisa mengingatkan kita kepada suasana vintage atau pedesaan yang adem, fresh, dan damai. Atau mungkin anda memberikan desain yang lebih spesifik lagi? Semisal anda hobby mobil, maka anda bisa mendesain kafe anda dengan hiasan mobil-mobil mewah. Atau anda hobby dengan sepeda gunung, maka anda bisa mendesain kafe anda sedemikian rupa dengan berbagai macam jenis sepeda gunung yang ditempel di dinding atau wall.

Peralatan dan perlengkapan makanan juga menjadi daya tarik tersendiri. Anda bisa mencoba untuk memberikan sedikit variasi. Gelas minuman yang biasanya dari kaca misalnya, bisa anda gantikan dengan gelas dari tempurung kelapa. Atau piring makanan dari keramik yang biasa dipakai sebagai tempat makan bisa digantikan dengan piring anyaman menjalin yang unik? Bahkan baru-baru ini ramai diperbincangkan penyajian makanan dan minuman dengan menggunakan kloset. Oh my God…, ide tersebut sangat kreatif sekali untuk menjaring konsumen.

Gambar Ide-Desain-Piring-Untuk-Daya-Tarik
Ide tempat penyajian makanan yang unik. Gambar diambil dari beberapa sumber dan di edit sedikit oleh saya Ruswandi dengan penambahan teks untuk memperkuat illustrasi

Dimana kulakan barang kebutuhan kafe?

Beberapa barang yang harus ada dalam sebuah kafe yaitu Meja, Kursi, Wallpaper, Peralatan memasak, dll perlu diperhatikan dari segi kebersihan, warna, bentuk, dan fungsinya. Proses pembuatan makanan dan minuman juga menjadi daya tarik pengunjung lho.

Pernahkah anda melihat sebuah kafe yang menggunakan cara penyajian kopi yang sangat unik yaitu dengan cara penuangan berulang kedalam sebuah cangkir. Konon katanya rasa yang didapat akan menjadi lebih istimewa dibanding cara penyajian yang biasa kita lihat. Atau pernah melihat kopi yang dicelupin arang yang telah membara? Pasti belum pernah kan?

Kumpulah video dibawah ini akan membuat anda tertegun dengan cara penyajian kopi yang sungguh unik dan istimewa :


dari channel Youtube: genomaartstudio

dari channel Youtube: Andrei Martalog

dari channel Youtube: Jeraff

dari channel Youtube: FreshlyGroundStudio

Kopi yang baik adalah kopi yang tidak ada campuran apapun. Nah, pengunjung tentunya lebih berminat untuk mencoba kopi original karena telah melihat proses pembuatannya. Membutuhkan sebuah mesin bernama Coffee Maker agar kopi utuh bisa disajikan kedalam sebuah gelas. Harga Coffee Maker sendiri bervariasi, mulai dari ratusan ribu hingga puluhan juta rupiah. Harga menentukan kualitas, ya itu memang benar..dan anda bisa memilih beberapa produk di internet berdasarkan spesifikasinya.

Gambar Tentang-Ralalicom

Ralali.com adalah Online B2B Marketplace yang memberikan kemudahan proses transaksi jual-beli melalui teknologi dan fitur yang dapat membantu Seller dan Buyer melakukan proses bisnis lebih mudah, aman, dan transparan. Ralali menghubungkan pembeli, baik korporat maupun individu, dalam menemukan ribuan produk untuk kebutuhan bisnis dan perusahaan dari ratusan supplier ternama dan terpercaya . Diambil dari website resmi Ralali : https://www.ralali.com

Ralali B2B Marketplace merupakan sebuah marketplace yang memiliki jumlah seller dan buyer yang lumayan besar terhadap barang-barang penting kebutuhan bisnis termasuk untuk kebutuhan membuka usaha kafe.

Untuk mencari kebutuhan kafe juga sangatlah mudah. Anda bisa mencoba terlebih dahulu untuk melihat beberapa barang rekomendasi seperti Coffee Makers, Wallpaper, Meja, Kursi, dll.

Berikut ini saya mencoba untuk order sebuah Coffee Machine. Mesin yang saya pesan seharga 9.000.000 ini bernama “GAGGIA Coffee Machine Syncrony Logic”. Jika anda membeli di lain tempat, pasti harganya masih diatas 9.000.000 lebih. Tidak percaya? silakan anda buktikan sendiri.

Gambar Daftar-Harga-Coffee-Machine
Gambar screenshot diambil dari Ralali.com

Cara berbelanja di ralali.com sendiri juga sangat mudah. Beberapa fitur telah tersedia didalamnya. Anda bisa bebas menanyakan kepada penjual barang tentang ketersediaan karena terdapat contact yang bisa anda hubungi. Bahkan anda bisa melakukan penawaran lho.

Gambar Deskripsi-dan-fitur-Halaman-Produk-RalaliCom
Gambar screenshot diambil dari Ralali.com dan sedikit keterangan agar mudah dipahami

Ralali memberikan kemudahan bagi pembeli untuk melakukan order. Terbukti adanya beberapa fitur penting yang tersedia seperti diatas. Jadi anda tidak perlu ragu lagi ketika melakukan pemesanan karena keterangan setiap produk sangatlah jelas.

Simak video bagaimana kemudahan berbelanja di Ralali.com :

dari Youtube channel Ralali.com : Ralalicom Ralali

Kebutuhan kafe yang lain bisa anda sesuaikan seperti Meja, Kursi, Wallpaper, dan kebutuhan furniture yang mempunyai aneka model bentuk dan gaya. Mulai dari yang klasik hingga yang bergaya modern. Semua bisa anda dapatkan di Ralali.com hanya dengan satu langkah mudah.

1 Tips Penting Agar Usaha Kafe Laris Manis dan Tetep Exist

Usaha kafe akan menjadi ramai pengunjung jika anda mampu menjaga kualitas, desain, gaya, dan kebersihannya setiap hari. Memerlukan sebuah usaha yang bernama :

Gambar Kreativitas

Ya, 1 tips sederhana tersebut bisa anda terapkan jika kafe anda sudah mulai berjalan. Selalu munculkan ide dan kreativitas anda setiap hari dalam mengelola kafe agar menjadi berbeda dengan yang lain. Pengunjung yang datang pasti akan datang dan datang lagi karena sudah merasa cocok dengan kafe anda tersebut. Jangan lupa, selalu ajarkan kepada karyawan yang anda rekrut agar selalu ramah dan murah senyum ketika melayani pelanggan. Senyum yang tulus akan membuat pelanggan merasa dihargai dan dihormati.

Membuka sebuah usaha itu mudah asal ada kemauan untuk mewujudkannya tanpa berpikir negatif jauh kedepan seperti apa. Seiring dengan waktu berjalan, maka anda akan terbiasa untuk memanage semuanya..Yuk memulai bisnis di usia muda?

#ralalib2bmarketplace , #sumpahpemuda

Gambar kontes-blog-960x960A-rev2Gambar Ralali-Blogger-Contest-Banner-2

Loading...
8 Comments
  1. Fachrul says

    Saya pernah membuka kafe atau lbh tepatnya dibilang warkop, hehe…tetapi berhubung tempatnya kurang pas jadi kafe saya sepi pengunjung. Mungkin karena kurang promosi kali ya, soalnya sering saya lihat beberapa kafe pengunjung banyak sekali meski tempatnya sepi.., sangat memotivasi untuk membuka kafe lagi..

    1. admin213 says

      mungkin bisa dilakukan peningkatan dalam hal promosi mas, coba buat promosi yang lebih unik misalnya dengan menghias ruangan dengan desain yang tidak pernah ada di lain tempat, memasang patung, atau memajang menu andalan di depan kafe..

  2. pandawa says

    Pernah sekali mencoba untuk membuat kafe, tapi saat itu juga terkendala modal, dan akhirnya mnecoba untuk menyekolahkan BPKB motor, dan setelah 3 bulan cafe berdiri dan gulung tikar. Faktor lokasi, akses jalan dan parkir kendaraan sangat menentukan sekali. Terimakasih tipsnya mas ndik, serta rekomendasi tokonya, ijin sharing

    1. admin213 says

      ya mas, sama-sama, terimakasih sudah berkunjung..

  3. Latifah says

    Mas, gimana cara pemanfaatan keuntungan kafe agar tidak habis ya? Saya kesusahan mengelola laba nih, akibatnya sering tekor dan sering ngambil duit modal lagi..:(

    1. admin213 says

      Mungkin bisa dengan mengalokasikan modal ke penambahan alat atau desain ruangan mbak..dengan begitu maka pengunjung menjadi lebih nyaman dan tentunya akan balik lagi sehingga laba atau profit pasti bertambah..

  4. Ida Rosida says

    bener apa yg dibilang di artikel diatas, saya pernah liat sebuah kafe yg sangat rame meski tempatnya di gang sempit..saya lihat memang suasananya keren, desain ruangnya juga maknyus seperti desain gubug desa ala2 vintage gitu…keren…

    1. admin213 says

      Di Surabaya juga pernah saya lihat kafe yang cukup unik. Tempatnya juga berada di sebuah gang sempit namun pengunjungnya setiap hari sangat banyak dan rata-rata anak kuliahan yang setiap datang selalu menghabiskan jajan yang lumayan banyak..

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */