Ini Dia Bangunan Terkenal dan Bersejarah di Asia Tenggara

Kemarin ada keponakan saya datang ke rumah minta dikerjakan tugas yang diberikan oleh gurunya yaitu disuruh mencari di internet perihal bangunan terkenal di Asia Tenggara....


Kemarin ada keponakan saya datang ke rumah minta dikerjakan tugas yang diberikan oleh gurunya yaitu disuruh mencari di internet perihal bangunan terkenal di Asia Tenggara. Jadi masing-masing negara disuruh mencari 3 bangunan yang terkenal. Hal ini saya rasa wajar jika seorang guru memberikan tugas seperti itu tetapi saya kok jadi kurang setuju karena tidak semua murid mempunyai komputer atau laptop atau gadget yang bisa terhubung ke internet. Lokasi dari masing-masing rumah murid juga harus diperhitungkan karena tidak semua bisa ke warnet demi mengerjakan tugas tersebut.

Gambar Wat-Xieng-Thong-di-Laos Gambar Wat-Si-Saket-di-Laos Gambar Wat-Pho-di-Thailand

Gambar Vimanmek_Mansion

Tetapi yang namanya tugas tetep harus dikerjakan. Akhirnya saya coba mencarikan 3 bangunan terkenal di beberapa negara yang termasuk bagian dari Asia Tenggara seperti : Indonesia, Malaysia, Singapura atau Singapore, Brunei Darussalam, Philipine atau Filipina, Vietnam, Cambodia atau Kamboja, Thailand, Laos, dan Myanmar.

Gambar Angkor-Wat-di-Kamboja Gambar Bangunan-Sultan-Abdul-Samad-di-Malaysia

Baca juga : Bangunan Terkenal di Malaysia dan Alamatnya

Bangunan terkenal di negara-negara Asia Tenggara tersebut tentunya saya pilih yang benar-benar terkenal dan banyak dikunjungi oleh wisatawan. Jika anda mempunyai seorang anak dan diberikan tugas yang sama maka bisa menggunakan sedikit tips. Jika tugas yang diberikan harus dengan gambar maka usahakan gambar yang diambil sudah dikecilkan ukurannya karena kalau besar-besar maka nantinya mahal di biaya cetak.

Gambar Vat-Phou-di-Laos Gambar Tugu-Negara-Kuala-Lumpur-Malaysia Gambar Thien-Mu-Pagoda-di-Vietnam Gambar The-Grand-Palace-di-Thailand Gambar Taman-Nasional-Phong-Nha-Ke-Bang-di-Vietnam

Ya, tentu saja saya merasa geram karena tugas tersebut harus dicetak juga. Jika setiap negara di Asia Tenggara harus dicari 3 bangunan terkenal beserta gambarnya maka dari 10 negara akan terkumpul sebanyak 30 gambar dan itu tidaklah sedikit. Jika satu gambar yang diambil hanya muat 2 gambar perlembar maka dibutuhkan 15 lembar biaya cetak. Nah bagaimana jika gambar yang diambil harus berwarna? Tentunya biaya akan menjadi lebih mahal lagi. Anda bisa bayangkan, murid kelas 6 SD yang notabene adalah anak dari orang yang kurang mampu, bahkan untuk membeli keperluan sekolah saja susah tetapi sudah diberikan tugas yang sulit untuk dicari.

Gambar Sultan-Omar-Ali-Saifuddin-Mosque-di-Brunei-Darussalam Gambar Sulamani-Temple-di-Myanmar Gambar Sri-Veeramakaliamman-Temple-di-Singapura Gambar Silver-Pagoda-di-Kamboja Gambar Rizal-Park-di-Filipina

Seorang guru yang baik harus melihat kondisi lingkungan sekitar. Jangan hanya karena kemajuan teknologi maka pendidikan disesuaikan. Kalau seandainya di sekolah diberikan akses internet dan di pinjamkan media untuk mengaksesnya itu tidaklah masalah. Namun jika harus mencarinya sendiri itu TIDAKLAH BENAR. Saya terus terang TIDAK SETUJU.

Gambar Candi-Borobudur-di-Indonesia Gambar Hoan-Kiem-Lake-Vietnam Gambar Fort-San-Pedro-di-Filipina Gambar Dalhousie-Obelisk-di-Singapura Gambar Candi-Prambanan-di-Indonesia

Masih bagus diberikan tugas yang berkaitan dengan alam agar murid makin tahu tentang kekayaan alam di Indonesia. Di beberapa negara di luar negeri bahkan seorang anak tidak diberikan akses gadget sampai usia tertentu dan bahkan diajarkan cara bercocok tanam dan menanam sesuatu. Itu menurut saya lebih baik ketimbang harus mengikuti perkembangan teknologi tanpa melihat lingkupnya.

Gambar Pagoda-Mahamuni-di-Myanmar Gambar Old-Hill-Street-Police-Station-di-Singapura Gambar Museum-Nasional-Filipina Gambar Museum-Brunei-di-Brunei-Darussalam Gambar Masjid-kampong-Pandan-di-Brunei-Darussalam

Ada beberapa alasan kenapa saya bilang demikian.

  1. Guru harus tahu bahwa jaman sekarang masih ada orang tua yang “GAPTEK” dan tentu hal ini akan menyulitkan mereka untuk membantu mengerjakan tugas yang diberikan kepada sang anak. Bahkan untuk mengakses komputer saja mereka takut komputernya jika meledak.
  2. Guru harus tahu bahwa jaman sekarang masih ada “Rakyat Miskin”
  3. Guru harus tahu bahwa tidaklah semua tempat bisa dengan mudah mengakses internet
  4. Guru harus tahu bahwa ada orang tua murid yang susah untuk memenuhi kebutuhan hidup, beban mereka akan bertambah jika harus mengeluarkan biaya yang menurut saya tidaklah sedikit jumlahnya untuk keperluan anaknya.
  5. Guru harus tahu bahwa tugas yang diberikan akan berpotensi seorang murid untuk memaksa orang tua membelikan sebuah laptop atau gadget lengkap dengan modem untuk mengakses internet.
  6. Guru harus tahu bahwa kebutuhan akses internet tidaklah sedikit. Sebut saja akses internet dengan kuota menggunakan media modem. 1GB saja memerlukan biaya 20 ribu keatas. Uang segitu bagi rakyat kurang mampu bisa dijadikan makan satu hari.

Gambar Masjid-Istiqlal-di-Jakarta Gambar Kuil-Ananda-di-Myanmar Gambar Koh-Ker-di-Kamboja Gambar Istana-Nurul-Iman-di-Brunei-Darussalam Gambar Istana-Kenangan-Kuala-Kangsar-di-Malaysia

Baca juga : Membangun Indonesia Dengan Memanfaatkan Teknologi Komunikasi dan Informasi

Jika anda sedang mencari Bangunan Terkenal di Asia Tenggara untuk keperluan tugas anak anda maka bisa mengambilnya disini. Saya share GRATIS untuk anda yang sedang bingung mencarinya. Saya membuatkannya sebanyak 3 lembar saja dengan gambar yang kecil jadi tidak membutuhkan biaya yang banyak untuk mencetaknya.

Bangunan Terkenal Di Asia Tenggara by Ten Fingers on Scribd

Semoga artikel diatas bermanfaat dan menginspirasi bagi seorang guru agar lebih selektif memilih tugas yang diberikan kepada sang murid. Terimakasih sudah membaca informasi tentang Bangunan Terkenal di Asia Tenggara dan mohon LIKE dan SHAREnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ini Dia Bangunan Terkenal dan Bersejarah di Asia Tenggara

/* */

log in

reset password

Back to
log in